Selasa, 02 Desember 2008

METODOLOGI PENELITIAN

METODOLOGI PENELITIAN
Oleh: Muhammad Asrori Ardiansyah
(Mahasiswa Pascasarjana UIN Malang)
Sumber: http://alumnigontor.blogspot.com

Setelah seorang peneliti menetapkan masalah dantujuan penelitian, maka hal berikut yang hrus diputuskanl adalah jenis dan rancangan penelitian, pemilhan instrument , cara pengumpulan dan analisis data. Makalah ini memfokuskan pembahasan pada rancangan penelitian yang mencakup rancangan penelitian deskriptif, ex-post facto, eksperimental murni dan eksperintal semu.


1. Penelitian Deskripif
Metode penelitian deskriptif digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang keadaan dan status mutakhir yang ada. Penelitian ini menjawab pertanyaan tetang “apa”? Bukan “mengapa”? penelitian deskriptif juga dapat digunakan untukm kajian yang mengandung pengujian hipotesis.
Jenis –jenis penelitian deskriptif :
a. Studi kasus
Sutid kasus adalah penemuan secara intensif tentang satu kasus, yang bisa berupa satu orang, satu kelompok, satu sekolah, ataupun satu kesatuan kecil dalam masyarakat. Disini penelitian dilakukan secara mendalam.
b. Survey
Penelitian ini mengumpulan data tertentu dari jumlah subyek yang sangat banyak. Tujuannya untuk mengumpulkan informasi tentang suatu variable tertentu. Contohnya adalah sensus kependudukan pertanian dan lain-lain.
c. Developemental Studies
Penelitian ini mengjaki pengembangan dari obyek yang diteliti. Misalnya perkembangan kemampuan membaca anak TPQ dan perkembangan bahasa anak kecil. Ada dua rancangan dalam penelitian ini longitudinal dan cross-sectional.
d. Follow Up Studi
Yang hendak dilihat dari jenis penelitian ini adalah perkembangan selanjutnya dari suatu subyek penelitian setelah diberiperlakuan tertentu.
e. Analisis Dokumenter (Analisis Isi)
Penelitian documenter adalah suatu penelitian yang data nya diperoleh dengan cara menganalisa suatu dokumen.
f. Trend analysis (memproyeksikan kebutuahan yang akan datang)
Adalah suatu penelitian yang digunakan untuk pemproyeksikan yang ada pada masa akan dating dengan menggunkan infornasi yang ada sekarang. Misalnya, peneliltian yang memproyeksikan jumlah sekolah yang dibutuhkan pada tahun 2010 dengan melihat jumlah angka kelahiran pada tahun 2002.
g. Penelitian korelasi
Penelitian ini berusaha untuk menentukan derajat hubungan antar variable. Misalnya hubungan antar motivasi dan prestasi belajar siswa.
2. Penelitian Ex-Post Facto
Penelitian expost facto dipilih untuk mengetahui hubungan sebab akibat, akan tetapi tidak ada manipulasi yang dilakukan terhadap variable yang ada. Jadi, peneliti hanya melihat fakta yang ada dan menyimpulkan sebab akibat darinya. Mislanya dalam suatu kelas, guru mengajar menggunakan pendekatan komunikatif, dan hasilnya ternyata siswa menunjukkan penguasaan bahasa yang tinggi. Dalam hal ini peneliti hanya melihat proses pengajaran yang dilakukan guru tersebut dan melihat bahasa anak, dan melaporkan hasil temuannya.
3. Penelitian Eksperimental Murni
Penelitan eksperimental dilakukan untuk menemukan sebab akibat. Variabel yang dianggap sebab disebut variabel bebas (independent variable) dan variabel yang dianggap sebagai akibat disebut variabel terikat (dependent variable). Penelitian eksperimental dilakukan dengan meanipulasi variabel bebasnya dan kemudian melihat pengaruh-pengaruhnya terhadap variabel terikatnya, setelah mengendalikan variabel-variabel lain yang dikuatirkan turut berpengaruh. Jadi, dalam penelitian eksperimental terdapat tiga karakteristik : manipulasi, kontro dan observasi dan terdapat manipulasi.
Misalnya seorang peneliti ingin mengetahui apakah pendekatan komuinkatif benar-benar memberikan hasil yang positif terhadap penguasaan bahasa anak. Dalam hal ini, peneliti menerapkan pendekatan komunikatif dalam kelas (manipulasi) dan mengontrol variable lain agar tidak turut terpengaruh terhadap penguasaan baahas anak dengan cara menerapkan “random assignment”selanjutnya peneliti mengamati pengaruh pengajaran dengan pendekatan komunikatif tadi setelah sejumlah yang telah ditentukan terlebih dahulu.

Rujukan:
Ary, Donal. Et al. 1979. introduction to Research in Education. 2nd edition. New York: Holt, Reinhart and Wiston.
Borg, Walter. And MD. Gall. 1987. Educational Research, an Intruduction. New York: Logman.
Tuckman, Bruce w. 1987. Conducting Educational Research. 2nd ed. San Diego Harcourt Brace Jovanovich, Publishers.

0 Comments:

blogger templates | Make Money Online